ANIMASI BLENDER - PATRICK



TUTORIAL MEMBUAT ANIMASI BLENDER

PATRICK STAR




Buka aplikasi Blender 3D lalu akan muncul layar kerja seperti dibawah ini, terdapat sebuah objek kubus.


Kemudian delete objek kubus, dan add Mesh UV Sphare seperti gambar dibawah ini.
            



Scale objek searah sumbuh z hingga berbentuk lonjong, untuk dijadikan perut patrick.


Pada mode Edit Mode, select bagian atas objek yang akan dijadikan dasar pembuatan kepala pada Patrick, kemudian Ekstrude bagian yang sudah diselect hingga setinggi kepala Patrick yang diinginkan, dan Scale bagian yang sudah diselect hingga membentuk kerucut seperti kepala patrick




Tambahkan objek baru UV Sphare untuk dijadikan tangan dan kaki pada Patrick, select bagian yang akan dijadikan dasar pembuatan tangan, kemudian ekstrude hingga membentuk lengan patrick





Rotate objek yang baru saja dibuat, dan duplicate sebanyak 3 objek untuk dijadikan tangan dan kaki patrick kemudian hubungkan dengan objek badan dan kepala Patrick yang sudah dibuat tadi.




Untuk memperhalus objek Patrick tambahkan modifier dengan cara Add modifier à Subdivision Survive à ubah view menjadi 4 dan render menjadi 4 agar objek terlihat smooth



Tambahkan material warna pada objek, dengan memilih tools material dan ubah ketentuan warna seperti gambar dibawah ini untuk memberi warna Pink pada objek tubuh Patrick Star.




Pada edit mode, select bagian bawah tubuh Patrick star yang akan dijadikan celana, kemudian tambahkan warna hijau pada tools material dengan ketentuan seperti dibawah, kemudian pilih Assign untuk mengaplikasikan warna pada objek yang terselect.





Kemudian pindah pada objek kaki Patrick star, Potong partisi objek hingga terbentuk bagian bawah celana patric, lalu select bagian yang akan ditambahkan warna, tambahkan material warna dengan ketentuan seperti langkah sebelumnya, lalu Assign.
    




Tambahkan 2 objek baru menggunakan UV Sphare, lalu scale objek hingga terbentuk seperti mata, kemudian tambahkan material warna hitam dengan select bagian yang akan dijadikan bola mata, dan tambahkan lagi 1 objek UV Sphare, ubah warnanya menjadi hitam, scale hingga lonjong, lalu delete partisi bidang hingga terbentuk mulut tersenyum pada wajah Patrick.




Tambahkan tulang pada objek patrick dengan cara add Armature lalu pilih Single Bone, kemudian pada edit mode bone extrude bone hingga membentuk kerangka pada tubuh Patrick Star seperti gambar dibawah ini.



Kemudian agar tulang dapat bergerak, pada object mode  select objek dan tulang secara bersamaan, lalu ubah ke pose mode, select tulang yang akan digerakan, kemudian tekan CTRL+P lalu pilih With Automatic Weights dan gerakan tulang.



Buat animasi pada objek Patrick Star dengan mengubah tampilan Default menjadi Animation.


kemudian atur mulai dan berakhirnya durasi animasi, saya memulai durasi dari 0 sampai 475 dengan satuan yang terdapat pada aplikasi blender, dimana 1 detik adalah 24 durasi ketukan pada aplikasi.


Kemudian pada setiap 25 ketukan durasi saya ubah objek dengan berbagai macam gerakan, agar terbentuk sebuah animasi yang bergerak disetiap ketukannya, lalu saya tekan I pada layar dan pilih LocRotScale untuk menyimpan gerakan pada tab animasi, sehingga terbentuk rangkaian gerakan yang tersimpan seperti gambar dibawah ini.


Kemudian atur posisi kamera menggunakan numpad 0 dan grab sesuai posisi yang diinginkan, saya memposisikan kamera tepat didepan objek agar pergerakan objek saaat dirender terlihat jelas.


Render Animasi dengan cara pilih tools yang bergamar kamera, lalu pada output tentukan alamat penyimpanan video animasi yang akan dirender, disini saya simpan pada direktorin C:\Users\Iqbal\Desktop\PETRIK dan edit ekstensi video menjadi AVI JPEG seperti gambar dibawah ini.



Kemudian klik Render dan Animation untuk menyimpan pergerakan pada animasi yang sudah dibuat tadi, dan tunggu hingga proses selesai.


Dibawah ini merupakan tampilan 3D Animation Patrick Star yang telah dirender dan diberikan Animation.


Video hasil animasi Blender dapat dilihat pada link youtube dibawah ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Flowchart dan Algoritma Membuat Mie Instan

PERBANDINGAN HARVEST MOON & STARDEW VALLEY