ANIMASI BLENDER - PATRICK
TUTORIAL MEMBUAT ANIMASI BLENDER
PATRICK STAR
Buka aplikasi Blender 3D
lalu akan muncul layar kerja seperti dibawah ini, terdapat sebuah objek kubus.
Kemudian delete objek kubus,
dan add Mesh UV Sphare seperti gambar dibawah ini.
Scale objek searah sumbuh z hingga berbentuk lonjong, untuk
dijadikan perut patrick.
Pada mode Edit Mode, select
bagian atas objek yang akan dijadikan dasar pembuatan kepala pada Patrick,
kemudian Ekstrude bagian yang sudah diselect hingga setinggi kepala Patrick
yang diinginkan, dan Scale bagian yang sudah diselect hingga membentuk kerucut
seperti kepala patrick
Tambahkan objek baru UV
Sphare untuk dijadikan tangan dan kaki pada Patrick, select bagian yang akan
dijadikan dasar pembuatan tangan, kemudian ekstrude hingga membentuk lengan
patrick
Rotate objek yang baru saja
dibuat, dan duplicate sebanyak 3 objek untuk dijadikan tangan dan kaki patrick
kemudian hubungkan dengan objek badan dan kepala Patrick yang sudah dibuat
tadi.
Untuk memperhalus objek
Patrick tambahkan modifier dengan cara Add modifier à Subdivision Survive à ubah view menjadi 4 dan render menjadi 4 agar objek
terlihat smooth
Tambahkan material warna
pada objek, dengan memilih tools material dan ubah ketentuan warna seperti
gambar dibawah ini untuk memberi warna Pink pada objek tubuh Patrick Star.
Pada edit mode, select
bagian bawah tubuh Patrick star yang akan dijadikan celana, kemudian tambahkan
warna hijau pada tools material dengan ketentuan seperti dibawah, kemudian
pilih Assign untuk mengaplikasikan warna pada objek yang terselect.
Kemudian pindah pada objek
kaki Patrick star, Potong partisi objek hingga terbentuk bagian bawah celana
patric, lalu select bagian yang akan ditambahkan warna, tambahkan material
warna dengan ketentuan seperti langkah sebelumnya, lalu Assign.
Tambahkan 2 objek baru
menggunakan UV Sphare, lalu scale objek hingga terbentuk seperti mata, kemudian
tambahkan material warna hitam dengan select bagian yang akan dijadikan bola
mata, dan tambahkan lagi 1 objek UV Sphare, ubah warnanya menjadi hitam, scale
hingga lonjong, lalu delete partisi bidang hingga terbentuk mulut tersenyum
pada wajah Patrick.
Tambahkan tulang pada objek patrick dengan cara add Armature
lalu pilih Single Bone, kemudian pada edit mode bone extrude bone hingga
membentuk kerangka pada tubuh Patrick Star seperti gambar dibawah ini.
Kemudian agar tulang dapat bergerak, pada object mode select objek dan tulang secara bersamaan,
lalu ubah ke pose mode, select tulang yang akan digerakan, kemudian tekan
CTRL+P lalu pilih With Automatic Weights dan gerakan tulang.
Buat animasi pada objek
Patrick Star dengan mengubah tampilan Default menjadi Animation.
kemudian atur mulai dan
berakhirnya durasi animasi, saya memulai durasi dari 0 sampai 475 dengan satuan
yang terdapat pada aplikasi blender, dimana 1 detik adalah 24 durasi ketukan
pada aplikasi.
Kemudian pada setiap 25
ketukan durasi saya ubah objek dengan berbagai macam gerakan, agar terbentuk
sebuah animasi yang bergerak disetiap ketukannya, lalu saya tekan I pada layar
dan pilih LocRotScale untuk menyimpan gerakan pada tab animasi, sehingga
terbentuk rangkaian gerakan yang tersimpan seperti gambar dibawah ini.
Kemudian atur posisi kamera
menggunakan numpad 0 dan grab sesuai posisi yang diinginkan, saya memposisikan
kamera tepat didepan objek agar pergerakan objek saaat dirender terlihat jelas.
Render Animasi dengan cara
pilih tools yang bergamar kamera, lalu pada output tentukan alamat penyimpanan
video animasi yang akan dirender, disini saya simpan pada direktorin
C:\Users\Iqbal\Desktop\PETRIK dan edit ekstensi video menjadi AVI JPEG seperti
gambar dibawah ini.
Kemudian klik Render dan
Animation untuk menyimpan pergerakan pada animasi yang sudah dibuat tadi, dan
tunggu hingga proses selesai.
Dibawah ini merupakan
tampilan 3D Animation Patrick Star yang telah dirender dan diberikan Animation.
Video
hasil animasi Blender dapat dilihat pada link youtube dibawah ini.
Komentar
Posting Komentar