INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER



   IMK ( Interaksi Manusia dan Komputer ) atau biasa disebut dengan HCI ( Human Computer Interaction ) terbagi menjadi 3 kata, yaitu interaksi, manusia,dan komputer, yang masing - masing dapat ditinjau pengertiannya secara umum dalam bidang teknologi, diantaranya sebagai berikut :
Interaksi merupakan suatu hubungan timbal balik atau komunikasi yang terjadi antara pengguna (user) dengan komputer baik secara langsung maupun tidak langsung.
Manusia dapat dikatakan sebagai user yang menggunakan komputer, agar antara manusia dan komputer dapat saling berinteraksi.
Komputer merupakan sebuah alat elektronik yang dapat dipakai untuk mengolah sebuah data dimana terdapat software (perangkat lunak), hardware (perangkat keras), dan juga terdapat memori untuk menyimpan intruksi atau data data yang telah diolah.

            Berdasarkan keterangan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa IMK merupakan suatu hubungan antara manusia dan komputer, dimana masing-masing memiliki peran penting agar saling dapat berinteraksi, dimana manusia bertindak sebagai user agar fungsi komputer dapat berjalan sehingga diperoleh hasil yang diharapkan. Namun, secara umum dikatakan bahwa IMK merupakan sebuah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia.

 Tujuan utama dari Interaksi Manusia dan Komputer ini adalah untuk membuat sebuah rancangan sistem agar lebih berguna, aman, produktif, efektif, efesien, dan fungsional maka interaksi yang baik antara manusia dan komputer sangatlah diperlukan.

Apa Hubungan Interaksi Manusia dan Komputer dengan Web Science ?

            Setelah mengetahui secara umum apa itu IMK ( Interaksi Manusia dan Komputer ) kemudian pada blog sebelumnya juga sempat disinggung secara umum mengenai apa itu Web Science. Web Science dapat dikatakan sebagai salah satu hasil dari interaksi antara manusia dan komputer. Berikut hubungan antara IMK dengan Web Science berdasarkan beberapa perilaku yang mendukung :

1.      Perilaku Navigasi
Navigasi menjadi sebuah salah satu bagian yang cukup dibutuhkan bagi para pembuat situs Web Science agar para pengunjung dapat dengan mudah dan tidak bosan untuk mengakses situs tersebut. Ada dua tipe dari navigasi, diantaranya :
a.  Navigasi standar, yang memberikan overview dan peta penjelajahan situs dengan mudah ditemukan secara konsisten seperti dibagian atas, samping, dan footer.
b.    Navigasi Serve Advance, yang memberikan overview dan peta penjelajahan dengan cara yang lebih spesifik seperti melalui kategori, pengarang, produsen, range harga, dan lain lain.

2.      Perilaku Pencarian
Pencarian/search cukup dibutuhkan dalam pemanfaatan situs sebagai fitur tambahan, guna mempermudah pengguna untuk mencari isi dalam situs Web Science yang telah dibuat.

3.      Perilaku Sosial
Web Science merupakan sebuah teknologi dan informasi yang begitu populer dikalangan masyarakat karena mampu mengakses berbagai macam informasi, yang dapat menjadikan pengetahuan menjadi luas bagi pengguna situs web tersebut. web science juga dapat mempengaruhi perilaku sosial masyarakat dengan berbagai dampak yang ditimbulkan baik dampak positif maupun negatif.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Flowchart dan Algoritma Membuat Mie Instan

PERBANDINGAN HARVEST MOON & STARDEW VALLEY

ANIMASI BLENDER - PATRICK