MEMBUAT POSTER IKLAN


POSTER WEEKEEND BAZAAR

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan langkah-langkah pembuatan poster, dimana Poster yang saya buat kali ini masih berkaitan dengan postingan saya sebelumnya, yaitu desain pembuatan logo “RILAZA Store”. Tema yang terdapat pada poster ini adalah “Weekend Bazaar”. RILAZA Store merupakan sebuah toko fashion yang rutin membuka bazar di akhir pekan, dimana beberapa produk terpilih akan diberikan label diskon hingga 80%. Agar menarik lebih banyak minat pelanggan untuk berkunjung dan membeli produk, saya membuat sebuah poster iklan untuk mempromosikan bazar tersebut.

LANGKAH – LANGKAH MEMBUAT POSTER “WEEKEND BAAZAR”

            Langkah pertama adalah membuat lembar kerja baru pada aplikasi Adobe Photoshop CS6 dengan ketentuan standar pembuatan poster seperti gambar dibawah ini.

Kemudian akan muncul layar kerja baru, dengan layer background yang masih terkunci, ubah background menjadi Layer agar dapat diberi warna.

            Langkah selanjutnya ubah warna dasar pada background dengan menggunakan tools Blending Options, centang Color Overlay dan ubah dengan kode warna #e3bbc6 seperti gambar dibawah ini.

Lalu, pada bagian atas layar kerja, saya akan mencantumkan tema yaitu “Weekend Bazaar” dengan menambahkan tulisan menggunakan Horizontal Type Tool dengan font bernama “Monotype Corsiva” dengan ukuran 60 pt, dan disamping kanan kirinya saya tambahkan garis dengan penggunakan rectangle Tool, hingga tampilan menjadi seperti dibawah ini.

Kemudian, saya akan menambahkan layer baru lagi yang didalamnya akan berisikan logo dan juga beberapa tulisan, layer tersebut saya buat menggunakan Rectangle tool seperti pada gambar dibawah ini.

Kemudian saya akan menambahkan logo yang sudah saya buat sebelumnya, dengan cara drag and drop pada objek logo yang sudah tersedia.

Saya ingin membuat logo saya lebih bercahaya dengan cara menghapus background pada layar menggunakan soft round pressure opacity yang berukuran 1600px, maka tampilan akan seperti gambar dibawah.

            Lalu saya akan menambahkan beberapa objek pada poster saya , objek-objek yang saya butuhkan seperti pada gambar dibawah ini.

Pemberian objek pada poster saya awali pada bagian atas poster, dengan menambahkan tag bertuliskan big sale yang terlihat seolah tergantung,lalu saya juga menambahkan hiasan pada sekitar logo lagi dengan menghapus background dengan hapusan berbentuk daun sehingga tampilan atas poster terlihat seperti gambar dibawah ini.

Lalu pemberian objek dilanjut pada bagian bawah poster, saya ingin mencantumkan produk yang akan dijual pada weekend bazaar yaitu koleksi dari sophie paris, dimana saya hanya mencantumkan 3 item (jam, tas selempang, dan tas punggung) didalam sebuah polaroid dan diberi keterangan dengan tulisan “Sophie Paris Collection”, hingga desain akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

Kemudian saya ingin saya menambahkan tulisan untuk keterangan waktu yang terdapat didalam 4 susunan Rectangle tools dan diberikan sebuah pin sebagai penanda.

Lalu saya menambahkan tulisan discount up to 80% dimana tulisan 80% saya buat lebih besar dan saya letakan pada sebuah circle sticky notes, kemudian saya juga menambahkan objek daun agar desain tidak terlihat terlalu kosong.

Saya mencantumkan Alamat toko pada kumpulan rectangle tools dengan gradasi warna yang senada agar terlihat lebih menarik.

Langkah terakhir adalah saya menambahkan beberapa contact person seperti Instagram, Line dan Whatssapp pada bagian paling bawah poster, CP tersebut diletakan pada objek seperti pada gambar agar terlihat lebih rapih dan terstruktur.

Poster Weekend Bazaar selesai dibuat.

Sekian langkah- langkah pembuatan poster Weekend Bazaar, semoga postingan kali ini dapat menginspirasi dan memudahkan pembaca untuk membuat poster bertemakan iklan. Terima kasih sudah berkunjung di blog Hilda ^^













Komentar

Postingan populer dari blog ini

Flowchart dan Algoritma Membuat Mie Instan

PERBANDINGAN HARVEST MOON & STARDEW VALLEY

ANIMASI BLENDER - PATRICK