Menganalisis website pribadi ( Blog )


WEBSITE

Hasil gambar untuk website

            Secara umum, Website merupakan laman online yang terhubung dengan sebuah domain, yang dikelola oleh individu, perusahaan, organisasi, institusi, dan pemerintah. Lebih sederhananya website merupakan sebuah istilah umum yang digunakan untuk menyebut semua situs web yang berada di internet, contohnya www.blogspot.com ,dll. Blog merupakan salah satu tipe website yang populer karena sederhana dalam pengelolaannya, blog disebut juga sebagai website pribadi.

         Website sudah mulai berkembang dan sering digunakan sebagai media untuk mencari informasi dalam kehidupan sehari-hari. Ketertarikan user saat mengunjungi sebuah website bergantung kepada desain dan informasi yang terdapat pada website tersebut. Website juga dapat dikatakan sebagai salah satu hasil dari interaksi manusia dengan komputer yang bertujuan untuk membuat sebuah rancangan system agar lebih berguna, aman, produktif, efektif, efesien, dan fungsional.

Menganalisis website cukup diperlukan agar kita mengetahui bagian bagian apa saja yang terdapat pada website, agar dapat dikembangkan dan menarik minat banyak user untuk mengakses website yang kita miliki.  

Pada pembahasan kali ini, website yang dianalisa merupakan website pribadi berupa blogspot, yang sering gunakan untuk berbagai kepentingan. Pembahasan sesuai dengan keadaan dari kondisi website.

Tampilan Interface website


1.      Nama Website

Pemberian nama website tersebut cukup sederhana, dengan tujuan hanya untuk memberi inisial bahwa website tersebut dimiliki oleh admin bernama Hilda, dan nama font yang digunakan adalah Times New Roman yang merupakan bawaan dari tema yang disediakan oleh blogspot.
  
2.      Tampilan Grafis Website


Pada tampilan awal website, pengunjung  akan diberikan beberapa pilihan pintasan seperti Beranda, Kunjungan profil, Blog Archive, Label, dan Search Engine. Tema yang digunakan merupakan bawaan dari blogger oleh Mae Burke. website tersebut diberikan background berwarna putih karena warna cerah akan memberikan kesan elegant pada website dengan perpaduan font yang minimalis yaitu Times New Roman. ukuran font selain tidak monoton dengan ukuran yang sama sehingga pengunjung akan nyaman ketika mengakses website tersebut. Terdapat gambar kucing yang akan memberikan kesan tenang bagi para pengunjung website.

3.      Sistem Menu Website


Sistem menu yang diberikan berfungsi untuk memudahkan pengunjung berinteraksi pada website, seperti mencari informasi dengan pintasan lebih cepat , menu yang disediakan hanya menu menu yang penting saja seperti Blog archive dan Label, peletakan menu sangat cocok diletakan dibagian kiri website dengan menggunakan system pulldown.

4.      Bahasa pada Website

Bahasa yang digunakan didalam blog menggunakan bahasa Indonesia, karena informasi yang disediakan cukup internal jadi tidak perlu ditambahkan dengan fitur ganti bahasa seperti pada website-website besar yang bertaraf internasional.

Jenis Penulisan Website

-    Berdasarkan sifat, website  ini termasuk kedalam website dinamis karena dapat diupdate secara berkala.
-      Berdasarkan Platform, website ini termasuk kedalam Website Builder karena blogger menyediakan sebuah platform yang dapat membantu pembuatan website dengan cepat.
-    Berdasarkan Fungsi, Website ini termasuk kedalam Blog atau Website Pribadi yang digunakan sebagai media untuk berbagi ilmu.

Struktur Navigasi Website


Website pribadi (blog) ini merupakan web sederhana yang berfungsi untuk menampilkan informasi yang sifatnya ringan, pengunjung diberi pilihan untuk melompat kesuatu halaman tanpa harus melewati halaman berikutnya, website ini termasuk kedalam Struktur Linear dengan halaman pilihan. Gambar dibawah ini merupakan struktur navigasi website ini




Kerangka Website

Kerangka pada website pribadi ini terdiri dari Nama Blog, Menu blog yang terdiri dari Blog Archive dan lebel yang berfungsi untuk memasuki sub blog, serta pintasan yang berisi sub blog yang terbaru di upload pada bagian bawah tampilan website.

Flowcart Website

            Dimulai dengan memasuki halaman beranda atau menu utama pada website, kemudian dilanjut  dengan memilih menu lalu memilih artikel yang ingin pengunjung baca, pengunjung membaca artikel, setelah itu pengunjung dapat memilih menu lain atau keluar dari website.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Flowchart dan Algoritma Membuat Mie Instan

PERBANDINGAN HARVEST MOON & STARDEW VALLEY

ANIMASI BLENDER - PATRICK