STRUKTUR WEB DAN JENIS-JENIS WEB


Gambar terkait



APA ITU STRUKTUR WEB ?

            Struktur WEB merupakan sebuah gambaran mengenai isi dari sebuah web yang harus dipahami dan dikuasai bagi seorang WEB Desainer agar mudah dalam menyampaikan isi dari WEB yang dibuat, mudah dipahami oleh pengunjung situs WEB tersebut.
Struktur WEB terdiri dari 3 bagian, diantaranya :
1.      Struktur Linear
Struktur linear merupakan struktur dasar dari struktur web yang dibagi menjadi 3 bagian, diantaranya :
a.      Struktur linear murni
Struktur linear murni digunakan untuk situs web kecil yang mendasar seperti personal page, yang terdiri dari 4-10 halaman, dan biasanya berupa situs web yang bersifat tutorial mengenai penjelasan suatu pokok bahasan. Namun struktur jenis ini kurang diminati oleh pengunjung karena ketidaknyamanan dalam menjelajahi isi dari situs web.
b.      Struktur linear dengan halaman tambahan
Struktur linear dengan halaman tambahan berfungsi sama seperti struktur linear murni, biasanya memuat sebuah penjelasan yang mengandung banyak uraian detail. Struktur jenis ini juga kurang diminati oleh pengunjung, selain tidak nyaman, situs ini tidak dapat melompat kesuatu halaman tanpa melewati halaman berikutnya, jadi situs web ini harus dilihat secara bertahap.
c.       Struktur linear dengan halaman pilihan
Struktur linear dengan halaman pilihan berfungsi sama seperti struktur linear murni , banyak digunakan oleh sebagian besar situs web, biasanya untuk menampilkan informasi yang sifatnya ringan, seperti artiker, berita, dan sebuah informasi tanpa harus dilihat secara bertahap. Struktur jenis ini sudah mulai diminati oleh pengunjung situs karena mudah dalam pengaksesan serta pengunjung diberi pilihan untuk melompat kesuatu halaman tanpa harus melewati halaman berikutnya.
d.      Struktur linear dengan halaman alternatif
Struktur linear dengan halaman alternatif berfungsi sama seperti struktur linear murni, yang membedakan pengunjung diberikan sebuah alternatif untuk pergi kesuatu halaman. Biasanya situs ini memuat penjelasan pada halaman-halaman, yang pada beberapa bagian memiliki tingkatan yang sama, yang kemudian dapat dipisah menjadi halaman alternatif.

2.      Struktur Grid
Struktur Grid merupakan perkembangan dari struktur linear murni yang merupakan sebuah penggabungan dari struktur linear dengan halaman alternatif dan struktur linear dengan halaman tambahan.

3.      Struktur Hierarki
Struktur Hierarki merupakan struktur yang bersifat fleksibel dan mudah untuk dikembangkan, struktur ini banyak digunakan oleh sebagian besar situs web karena menggunakan sub-sub direktori dan membentuk level-level ke bawah, pada struktur ini gambar yang digunakan pada setiap halaman WEB akan disimpan dalam sebuah direktori tertentu. Struktur Hierarki terdiri dari 2 jenis, diantaranya :
a.       Struktur Hierarki Lebar/ Wide Hierarki
Struktur ini biasa digunakan pada situs web sederhana, dimana terdapat halaman depan yang menyambung pada halaman lainnya.
b.      Struktur Hierarki Pendek/Narrow Hierarki
Struktur web ini lebih banyak digunakan pada pembuatan sebuah website, karena penempatan halaman pada website lebih masuk kedalam.

JENIS – JENIS WEB

Jenis- jenis WEB dibagi menjadi 3 bagian, diantaranya :
1.        Jenis WEB berdasarkan Sifat
a.    Website Statis
Website Statis merupakan website yang kontennya tidak berubah, dibuat dengan kode HTML dan menggunakan CSS, seperti website perusahaan yang berfungsi untuk memberikan informasi perusahaan.
b.    Website Dinamis
Website Dinamis merupakan website yang sering update secara berkala, pengguna dapat mengupdate konten tanpa mengganggu website, maka website ini lebih banyak digunakan oleh pengguna disbanding website statis.

2.      Jenis WEB berdasarkan Platform
a.         Content Management System (CMS)
Content Management System (CMS) merupakan sebuah system yang berfungsi untuk membuat dan mengatur konten digital, contoh web yang menggunakan CMS, diantarannya WordPress, Joomlal, dan Drupal.
b.        Website Builder
Website Builder merupakan sebuah platform yang dapat membantu membuat website dengan cepat, pengguna hanya perlu mengganti konten yang diinginkan.
c.         HTML dan CSS
HTML dan CSS sangat diperlukan untuk membuat sebuah website

3.      Jenis WEB berdasarkan Fungsi
a.       Blog atau Website Pribadi
b.      Komunitas atau Forum
c.       Media untuk Berbagi
d.      Web Berita
e.       Organisasi atau Pemerintahan
f.       Web Perusahaan
g.      Toko Online


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Flowchart dan Algoritma Membuat Mie Instan

PERBANDINGAN HARVEST MOON & STARDEW VALLEY

ANIMASI BLENDER - PATRICK